Selasa, 12 Juni 2012

Kaya Di Usia Muda


Kaya mungkin menjadi cita-cita atau harapan setiap manusia. Jalan mencapai kekayaan itu berbagai cara. Bahkan usia bukan menjadi factor penentu dalam  memwujudka kekayaan tersebut. Bahkan ada anak balita yang kekayaannya melebihi orang tua, lantaran bakat yang di miliki sang anak. Ini bisa kita lita dari hadirnya artis-artis cilik yang sukses meraup jutaan dollar, melalui film, bintang iklan atau tarik suara. Walaupun peran orang tua tak bisa kita abaikan atas kekayaan buah hatinya yang masih berusia dini tersebut.
Atau kekayaan itu bersumber dari warisan orang tua kita yang telah tiada. Kekayaan yang dicarinya dengan kerja keras, jatuh pada sang pewaris (anak)  lantaran hubungan darah dengan berperginya orang tua. Namun ini sah-sah saja kita terima sebagai buah dari usaha kerja orang tua kita, lalu tinggal bagaiman kita mempergunakan kekayaan tersebut untuk bertambah dan bermanfaat guna.
Kekayaan juga biasanya tumbuh dan berkembang dari upaya, kerja keras dan kreativitas kita melihat peluang dan memanfaatkan sumber daya yang ada dalam diri kita. Kekayaan yang bersumber dari kerja keras inilah yang membuat kita memahami betapa pentingnya keuletan tersebut untuk menuju kemakmuran.
Kekayaan diraih dari kerja keras bisnis yang dirintis, atau pun warisan keluarga sama saja nikmatnya. Setidaknya, logika di atas menjelaskan asal kekayaan orang kaya termuda di dunia versi Majalah Ekonomi dan Bisnis, Forbes. Berikut ini daftar lima pemuda yang berada di urutan teratas:
1. Dustin Moskovitz
Dustin Moskovitz adalah teman sekamar Mark Zuckerberg sewaktu melanjutkan pendidikannya di Universitas Harvard. Di usia 27 tahun, kekayaannya mencapai USD 3,5 miliar atau setara Rp 33 triliun. Selain bisnisnya di Facebook, Moskovitz juga mendirikan lembaga sosial bersama Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Warren Buffet.


2. Mark Zuckerberg
Siapa tak kenal Mark Zuckerberg? Pencipta dan CEO Facebook ini dikeluarkan dari Universitas Harvard dan menjadi Person of The Year majalah Time pada 2010. Jangan tertipu penampilannya. Ia doyan mengenakan sandal atau pun kaus oblong. Tapi, kekayaannya mencapai USD 17,5 miliar. Jika saja Zuckerberg lahir delapan hari lebih dulu ketimbang Dustin Moskovitz, ia berada di posisi teratas.

3. Albert Maria Lamoral
Pria yang satu ini adalah sosialita berpaspor Jerman. Sejak ayahnya meninggal dunia, ia mewariskan tahta dan diangkat menjadi Pangeran Thurn and Taxis, sejak 1990. Kekayaan pemuda yang lahir 24 Juni 1983 di Regensburg, Jerman ini, mencapai USD 1,5 miliar.

4. Scott Duncan
Scott adalah anak wirausaha sukses pendiri Enterprise Products, Dan Duncan. Saat Dan mengembuskan napas terakhirnya pada 28 Maret 2010, ia mewariskan USD 1 miliar ke Scott. Seiring berjalannya waktu, kekayaan Scott meningkat ke angka USD 4,1 miliar hingga usianya mencapai 29 tahun.

5. Eduardo Saverin
Selain Dustin Moskovitz, Mark Zuckerberg, dan Chris Hughes, nama Eduardo temasuk dalam daftar pendiri Facebook. Eduardo sempat berselisih dengan Zuckerberg karena ia menilai sang sahabat berkhianat. Forbes mencatat, kelahiran Sao Paulo, Brazil, 29 tahun silam ini, memiliki harta senilai USD 2 miliar.

Yang menjadi motivasi bagi kita dari mereka bahwa kaya tidak pernah mengenal batas usia untuk mencapainya. Jika kita bukan pewaris tahta kekayaan dari orang tua kita, kerja keras, ulet dan sabar adalah kunci untuk meraihnya. Kita memiliki harta dan kekayaan yang tiada tandinganya untuk mencapai kekayaan materi tersebut, yakni akal sehat (otak).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar